Jumat, 08 Mei 2020

RPP IPA Kelas VII Interaksi Makhluk Hidup


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SatuanPendidikan               : SMP Negeri 13 Kendari
Mata Pelajaran                    : IPA
Kelas/Semester                    : VII / Genap
Materi Pokok  5                   : Interaksi Makhluk Hidup (Interaksi Makhluk Hidup (Pola-pola Interaksi)
Alokasi Waktu                     : 3x40 Menit
Kompetensi Dasar               :  3.7 Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut
.
A.        Tujuan Pembelajaran             :
Melalui  model ingkuiry discovery dengan menggali informasi dari berbagai sumber belajar penyelidikan sederhana dan mengolah informasi diharapkan peserta didik dapat  Mengidentifikasi pola-pola interaksi makhluk hidup dalam ekosistem, Menjelaskan bentuk-bentuk simbiosis, Memberikan contoh setiap bentuk-bentuk simbiosis, Terampil mempresentasikan tugas kelompok, , serta   rasa ingin tahu, jujur dalam melakukan pengamatan dan bertangung jawab dalam  menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan dan  memberi  saran.  


B.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran


Sintaks
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
Menyiapkan pembelajaran, berdoa, mengecek kehadiran siswa, memberikan apersepsi dan motivasi
Kegiatan Inti

Merumuskan Pertanyaan
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic  “Pola interaksi makhluk hidup”:
Peserta didik diminta untuk mengamati gambar yang disajikan oleh guru
Ø  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yang ingin diketahui.
Ø  Mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan “Pola interaksi makhluk hidup”: yang tidak dipahami dari apa yang diamati dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Apa yang dimaksud dengan kompetisi?
Ø  Jelaskan yang dimaksud predasi dan simbiosis ?

Merencanakan
Siswa merencanakan prosedur pengumpulan dan analisis data, dengan cara :
1.     Membaca buku siswa yang berkaitan dengan “Pola interaksi makhluk hidup”:
2.     Guru mengarahkan siswa untuk bekerja sesuai dengan LK yang telah disiapkan
Peserta didik bekerja sama dengan kelompoknya
Mengumpulkan dan menganalisis Data

Ø  Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui LKS
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang : “Pola interaksi makhluk hidup”:
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang :  “Pola interaksi makhluk hidup”:
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara  berdiskusi dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
Menarik kesimpulan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran pada materi tentang “Pola interaksi makhluk hidup”:
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru mengajukan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
Guru memberikan penguatan materi yang dipelajari
Kegiatan Penutup
  • Guru membantu peserta didik membuat resume
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Guru memberikan evaluasi pada peserta didik secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
  • Guru menutup pembelajaran dengan mengingatkan bahwa pada pertemuan selanjutnya adalah Ulangan Harian Interaksi Makhluk Hidup
Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam

C.        Penilaian:
Teknik Penilaian:
a.     Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan/Jurnal
b.     Penilaian Pengetahuan: TesTertulis
c.     Penilaian Keterampilan : Praktik/Portofolio

Bentuk Penilaian:     
Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
Tes tertulis :uraian dan lembar soal
Unjuk kerja:lembar penilaian presentasi
Portofolio:penilaian laporan



                                                                                            Kendari,               Januari  2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                  Guru Mata Pelajaran



Hj. Ummi Salmah, S.Pd., MM                                          Hj. Syahwiah Rahim,S.Pd., M.Pd
NIP. 19691219 199403 2 004                                               NIP. 19690920 199512 2 005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Video Gulaku

Berikut saya postingkan video yang telah saya coba edit pada saat belajar sendiri dengan Aplikasi KineMaster. Hasilnya belum maksimal, tapi ...