RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SMP Negeri 13 Kendari
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester
: VII / Genap
Materi
Pokok 1 : Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup (Sel dan
Organel Sel)
Alokasi
Waktu : 2x40 Menit
Kompetensi Dasar : 3.6 Mengidentifikasi
system organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai
organisme dan komposisi utama penyusun sel.
organisme dan komposisi utama penyusun sel.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui model pembelajaran Discovey Learning dengan
menggali informasi dari berbagai sumber belajar penyelidikan sederhana dan
mengolah informasi diharapkan peserta didik dapat menyebutkan tingkatan
hierarki kehidupann dan menjelaskan tentang sistem serta ingin tahu, jujur dalam melakukan pengamatan dan bertangung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan dan memberi saran.
hierarki kehidupann dan menjelaskan tentang sistem serta ingin tahu, jujur dalam melakukan pengamatan dan bertangung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan dan memberi saran.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :
a.
Pemberian rangsangan (stimulus)
|
Guru mengajak peserta didik mengamati peta konsep yang ditampilkan pada
layar LCD dan beberapa gambar yang terdapat pada buku siswa hal.1 dan
|
b.
Indentifikasi masalah (problem Statemen)
|
Peserta
didik diberi kesempatan membuat
pertanyaan sebanyak mungkin terkait sel sebagai unit terkecil dalam kehidupan,
guru mencatat semua pertanyaan siswa dan mengelompokkan masalahnya terkait materi yang hendak diselidiki
|
c.
Pengumpulan data ( data Collection)
|
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyaan (membaca buku siswa hal. 4 – 6)
|
d.
Pengolahan data (data
prosesing)
|
Peserta didik
mengerjakan LK yang telah disiapkan dengan mengamati gambar sel hewan
dan sel tumbuhan serta menuliskan bagian-bagian sel dan fungsinya dan melakukan
diskusi dalam kelompok ( LK terlampir)
|
e.
Pembuktian (verification)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil kerja LK dan
mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan ditanggapi dengan kelompok lain
dan memverifikasi
hasilnya data atau teori pada buku sumber. Selanjutnya
peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas penyelesaian..
|
f.
Kesimpulan (Generation)
|
Peserta
didik menyampaikan
hasil diskusi tentang materi sel dan organel sel serta fungsinya. Berdasarkan hasil diskusi antar kelompok
peserta didik dengan bimbingan guru menarik kesimpulan tentang materi sel.
|
Penilaian:
Peserta didik mengerjakan soal latihan (sesuai
lampiran)
Kendari,
Januari 2020
Mengetahui,
Kepala
Sekolah,
Guru Mata Pelajaran
Hj. Ummi Salmah,
S.Pd., MM Hj. Syahwiah Rahim,S.Pd.,
M.Pd
NIP. 19691219 199403
2 004 NIP.
19690920 199512
2 005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar